20 Agustus 2008

Sejarah Singkatquw..

Askum prend..

Sedikit tak ceritain mengenai latar belakangquw... Aq pernah sekolah TK selama 2 tahun. Pas enol kecil aq di TK Salman Al-Farisi. Terus TK enol besar di TK islam Ar-Ridho. Nglanjutin SD di SDN Imogiri 1. Baru kelas 2 SD, aq sekeluarga pindah rumah ke Blawong, Trimulyo, Jetis. Aq otomatis jg pindah SD. SD baruku namanya SD Muhamadiyah Blawong I. Sekarang, SDku yg lama, SD Imogiri 1 itu dah ga' ada. Dilebur ma SD lain soale kekurangan SDM. Emang sih, dulu pas aq SD di sana, sekelas cuma ada 8 orang. Kebanyakan ya???
Lulus SD, aq bingung nyari SMP. Abahku nyaranin aq buat ngikutin jejak mbak sepupuku yg skul di SMP 1 BAntul. Tp umi nyuruh aq mondok aja. Aq ni punya jiwa petualang, so, aq pengen nyoba-nyoba mondok. Walhasil, ada sebuah leaflet nyasar di rumahku. Leaflet tentang sebuah pondok di kota SOLO. Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki namanya.
Umi menjelaskan bahwa pondok ni adl pondok punya Ustad Abu bakar Baasyir. Padahal saat itu aq ga ngerti sapa tu Abu Bakar Baasyir. Ah, yg penting nyoba dulu.
Aq, kakekku, dan nenekku akhirnya mutusin buat survei ke pondok tsb. Hanya berbekal leaflet kami berangkat ke kota solo nyariin ponpes ngruki. Jelas saja kami geblasuk nyasar ga tw kemana. Arah mata angin aja kami bingung. ah yawdalah pokoke nerusin jalan. Kakekku nanya2 ke orang sekitar dan akhirnya kami brhasil nyampe di pondok ni...
Singkat cerita kujalani hari-hari indah bersama teman-temanku selama tiga tahun di pondok ini. Pondok ini sangat unik. Ponpes ngruki dikenal di seluruh dunia. Soalnya salah satu pendirinya adalah orang yang paling ditakuti amerika yaitu ustadz Abu Bakar Baasyir.
Pas aq baru msk pondok, beliau masih dipenjara. Tapi pas aq kelas 2 SMP, beliau dibebaskan. Wuih, pas beliau mau nyampe di pndok seluruh penghuni pondok putra selatan siap. Seluruh santri pake baju putih menyambut kehadiran sosok yang selama ini kami rindukan. Laungan takbir menyambut kedatangan lelaki tua bersahaja itu...
Puluhan stasiun televisi luar maupun dalam negeri berkumpul di pondok ini. Suasana gegap gempita saat Ustadz Abu menggelar jumpa pers. Santri-santri hanya melongo menatap wajah beliau yang sayu, lelah setelah perjalanan Jakarta-Solo. Mendengar suaranya yang tegas dan berwibawa...
Begitulah kisah penyambutan Ustadz Abu...
Ada juga kisah mengesankanku di pondok yang lain. SMP lain mungkin punya OSIS yang legal di restui oleh kepsek. Tapi SMPku ndak punya OSIS. Akhirnya, pas kita kelas 2 SMP, kami seperiode nekat membentuk organisasi yang full-underground tanpa ijin dari siapapun. Pemilihan ketua dilakukan spontan, dan aq kepilih jadi ketua umum.
Kukenalin dikit, ketua umum : Azzam HR, Wakil : Ahmad Yono (Jakarta), Sekretaris : Irsyad (Magetan), Bendahara : Aulia Rahman (Kalimantan), Humas : Singgih (Bekasi), Jubir : Ridwan (jakarta), dan Bagian Keamanan : Saiful Anas (Bandung).
Organisasi ini cukup banyak mengalami goncangan, layaknya kapal di tengah laut. pada akhir jabatan, yaitu kelas 3 SMP, kami ingin mbikin sebuah buku kenangan dan jaket. Tapi kami juga pengen ngajak periode kami yang ada di pondok putri. Tau kan apa yang kami lakukan berikutnya?
Dgn segala cara, kami berhubungan dengan sobat-sobat kami di pondok putri. kami tahu ini sebuah pelanggaran yang cukup berat, tapi tetap harus dijalani sebagai eksistensi dari jabatan kami. Koneksi dengan putri cukup mulus...tapi tetap ada gangguan. Kami ketahuan saat sedang berkomunikasi lewat SMS.
Dan rencana pembuatan buku kenangan dan jaket kami pun ketahuan. Tapi yang ketahuan saat itu hanya aq dan Singgih doank.
pas ustad nyidang aq, "Udah zam, ngaku aja, sapa aja pengurusnya. Nggak diapa-apain koq. Kalo kamu ngaku enak."
Paksaan kayak gtu datang terus. Tapi aq ma singgih tetap mempertahankan, "Nggak ada yang lain, Tadz. Pengurusnya cuma aq ma Singgih.."
karena itulah kami berdua diganjar digundul.... Ga' papalah... harus ada pengorbanan...
Akhir periode kami indah... kami melepas tangis sedih saat acara perpisahan... Buku kenangan dan jaket bisa dimiliki tiap personil yg minat baik santriwan maupun santriwati.
Hingga akhirnya aq dihadapkan pilihan SMA yang sulit...
Ada 2 pilihan utama saat itu... yaitu masuk pondok Hafalan Qur'an di daerah lereng Tawang mangu, pondok Isy karima namanya. Atau masuk SMAN 1 bantul.
Akhire aq dengan nem pas-pasan bgt nyoba ndaftar di SABA..tempat dimana abah n umi dulu ketemu....
Aq diterima dgn nomer ranking kedelapan dari bawah....
Ngejalanin masa-masa MOS, pertama dateng aq pikir SMA luar tu ramah2. Tapi ternyata galak juga. pas inspeksi berlangsung,, cukup terkejut juga. Soale aq berpikir orang luar pondok tu ramah2...
Tapi pas sie inspeksi (wktu itu blm ada KOPASSUS) mbentak2, aq dah ngrsa biasa bgt. Dulu di pondok jauh lebih keras dari itu semua. Ga ada apa2nya. Aq pernah sampe kakiku tu gemeter di pondok. Lagipula aktingnya kakak2 kelas di SABA juga keliatan. kalo yang dah biasa, keliatan bgt orang yg marah beneran sama yg pura2 marah...
MOS berlalu.....
Kujalani hari2 berkutnya di kelas X.2 dgn penuh sukacita. Kelas X.2 bikin kaos DIXYBERZ, bikin forum pengajian, pokoke siiiip lah........
Dah dulu yaaa... Kpn2 kita ngobrol lagii....

Wskum..

Tidak ada komentar: